Pulau Menjangan Bali Barat


Pulau Menjangan Tempat untuk Kegiatan Spiritual & Wisata Bahari

Pulau Menjangan Tempat untuk Kegiatan Spiritual & Wisata Bahari

Jika kawasan Bali Selatan mempunyai Nusa Lembongan sebagai pulau yang terletak terpisah dari kabupaten Badung, maka daerah Bali bagian barat mempunyai Pulau Menjangan yang terpisahkan oleh lautan. Pulau Menjangan merupakan bagian dari kawasan Buleleng bagian barat, tepatnya terletak di kecamatan Gerokgak. Untuk menuju ke pulau ini, dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal boat atau feri sekitar 30 menit perjalanan dari Labuan Lalang.

Pulau yang mempunyai luas 1,75 hektar ini merupakan kawasan hutan tandus yang tidak ditinggali oleh masyarakat. Tetapi tempat ini sering dijadikan tempat untuk kegiatan spiritual baik persembahyangan maupun kegiatan meditasi. Tempat ini akan sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat baik dari Buleleng maupun dari luar kota yang hendak melakukan persembahyangan di pura-pura yang ada disana. Hal ini akan terlihat jelas pada saat hari-hari raya tertentu umat Hindu. Adapun pura-pura yang ada disana yaitu:

1. Pura Klenting sari
2. Taman sari/beji
3. Pasraman Kebo Iwa
4. Pasraman Dewi Kwan Im
5. Pasraman Gajah Mada
6. Pura Segara Giri

Nama menjangan sendiri diambil dari binatang yang sebagian besar menghuni pulau ini dari jaman dahulu. Menjangan merupakan jenis binatang yang masih satu ras dengan sapi/rusa. Sampai sekarang ini hanya beberapa ekor menjangan yang masih bertahan hidup ditengah kekeringan yang meliputi tempat itu. Dibandingkan dengan jaman dahulu, dimana pulau ini merupakan rumah bagi para menjangan. Tetapi populasinya semakin hari semakin turun. Akhirnya pemerintah melakukan upaya pengembalian menjangan kekawasan ini kembali sekitar tahuan 1980an. Selain Menjangan, terdapat pula burung Jalak Bali yang merupakan salah satu burung langka Indonesia. Tetapi jumlahnya sangatlah sedikit. Untuk kehidupan pinggir pantainya tidak kalah menarik dengan daratannya karena di wilayah pantainya mengandung berbagai macam jenis koral/terumbu karang yang sangat indah. Ada sekitar ratusan species ikan yang bisa ditemukan di wilayah ini. Tempat ini merupakan satu-satunya area pantai utara Bali yang berpasir putih.

Untuk perjalanan menuju ke Labuan Lalang, sebelum bertolak ke Pulau Menjangan, perjalanan dapat ditempuh melalui angkutan umum dari terminal Banyuasri Singaraja dan menempuh sekitar 76 km kea rah barat. Mungkin juga dimulai dari kantor scuba Diving yang ada di daerah Lovina. Bagi mereka yang datang dari arah barat, dapat melalui jalan raya Jembrana- Gilimanuk, kalau dari arah Selatan, dapat menempuh perjalanan pupuan-singaraja, atau bagi yang datang dari arah timur, dapat melalui perjalanan Amlapura-Singaraja.

Kini sudah semakin banyak hotel-hotel berbintang yang ada dikawasan ini untuk menawarkan paket liburan bersama keluarga ataupun teman-teman. Nikmati keindahan lautnya dengan snorkeling atau diving. Tempat yang pas untuk membuat inspirasi dan semangat datang kembali untuk Anda.

 






About Us

Dijual tanah di Bali khususnya tanah di Bali dengan lokasi yang terbaik dan paling menguntungkan untuk investasi, lokasi villa, dan lain lain. Kami tidak akan menaikkan harga properti, kami hanya akan mendapatkan komisi reguler dari pemilik.
Kami juga menerima pemasangan iklan atau bila pemilik tanah dan agent property yang bermaksud memasarkan tanahnya melalui website ini.