Gianyar Usulkan 9 Desa Wisata


Gianyar Usulkan 9 Desa Wisata

Gianyar Usulkan 9 Desa Wisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, Bali mengusulkan sembilan desa dijadikan sebagai daerah kunjungan wisata ke Kantor Kementerian Budaya dan Pariwisata. "Kami masih membahas soal penetapan desa wisata di Kabupaten Gianyar," kata Kepala Dinas Pariwisata Gianyar, I Wayan Dirgayusa, Kamis (2/12/2010).

Ia mengakui bahwa saat ini pihaknya sedang berada di Jakarta untuk membahas masalah rencana penetapan desa wisata di Kabupaten Gianyar.

Menurut Dirgayusa, sembilan desa itu, khusus untuk Kecamatan Blahbatuh sebanyak dua desa, yakni Bedulu dan Bona. Di Kecamatan Sukawati, terdiri dari Desa Kemenuh dan Celuk. "Untuk Kecamatan Gianyar kami usulkan Desa Sumita serta Desa Siangan," katanya.

Sementara untuk kecamatan lain, yakni Tampaksiring diusulkan Desa Pejeng Kelod, Kecamatan Payangan diusulkan Desa Klusa, serta Kecamatan Tegallalang diambil Desa Kedisan.

Diusulkannya masing-masing desa itu sebagai desa wisata, kata Dirgayusa, karena desa itu memiliki kekhasan serta memiliki daya tarik tersendiri. "Masing-masing desa telah memiliki potensi wisata masing-masing," katanya.

Kapan penetapan itu dilakukan, Dirgayusa belum berani memastikan, karena semuanya dalam proses pembahasan. "Dananya kan dari pusat, kami tidak tahu kapan penetapan itu dilakukan," ujarnya.

Saat ini, lanjut Dirgayusa, di Kabupaten Gianyar cuma satu desa sudah ditetapkan menjadi desa wisata, yakni Desa Kendran, Kecamatan Tegallalang. "Desa itu ditetapkan langsung dari pusat pada 2010 menjadi desa wisata," katanya.

Mengenai tingkat kunjungan pada 2010, disebutkan cukup besar utamanya wisatawan asing. Berdasarkan data sampai Oktober, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Kabupaten Gianyar 655.547 orang, sedangkan wisatawan domestik 284.168 orang.

Sumber : travel.kompas.com

 






About Us

Dijual tanah di Bali khususnya tanah di Bali dengan lokasi yang terbaik dan paling menguntungkan untuk investasi, lokasi villa, dan lain lain. Kami tidak akan menaikkan harga properti, kami hanya akan mendapatkan komisi reguler dari pemilik.
Kami juga menerima pemasangan iklan atau bila pemilik tanah dan agent property yang bermaksud memasarkan tanahnya melalui website ini.