Tari Janger, Tari Pergaulan Muda Mudi


Tari Janger, tari pergaulan muda mudi yang diperagakan oleh beberapa orang berpasangan

Tari Janger, tari pergaulan muda mudi yang diperagakan oleh beberapa orang berpasangan

Siapa yang tidak mengenal Tari Janger? Begitu kata itu diungkapkan, orang pasti sudah terasosiasi dengan Bali. Janger merupakan salah satu tarian Indonesia pada umumnya dan Bali pada khususnya yang sudah sangat terkenal baik di negeri sendiri ataupun di manca negara. Kapan dan dimana tepatnya muncul Janger ini belum ada yang tahu persis karena diperkirakan usianya sudah ratusan tahun dan kelompok-kelompok yang melakukan pertunjukan ini tersebar dibeberapa wilayah Bali Selatan.

Janger sendiri diperagakan oleh beberapa orang berpasangan. Para wanita dan pria ini akan menari dan bernyanyi bergantian. Tari ini lebih menunjukkan kisah pasangan yang sedang dimabuk cinta dan berupaya saling merajuk satu sama lain. Tarian Janger termasuk tari pergaulan yang dipertontonkan saat tertentu sebagai suatu hiburan. Gerakan-gerakan tariannya merupakan gerakan dasar yang ada dalam tari Bali sendiri tidak yang susah atau paling sulit dilakukan. Musik yang mengiringi yaitu tetamburan yang dilengkapi dengan gender wayang.

Dalam perkembangannya saat ini, Janger sudah banyak ditinggalkan oleh para muda-mudi Bali. Hanya ada beberapa kelompok Janger yang tersisa. Untuk daerah Denpasar, kelompok yang terkenal yaitu Janger Kedaton yang terletak di wilayah Denpasar Timur (Kesiman). UNtuk daerah Badung, kelompok ini bisa ditemukan di Desa Sibang yang biasanya dikenal dengan nama Janger Gong. Daerah Gianyar terdapat di Desa Pliatan. Salah satu yang sangat unik adalah kelompok Janger yang terdapat di Desa Bulian Buleleng. Karena hamper sebagian besar penduduknya adalah Tuna Wicara dan para pemain Janger ini pun adalah mereka yang memiliki kekurangan tersebut. Mereka biasanya dibantu oleh salah satu pelatih/penuntun yang memberikan aba2 untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu. Rasa simpatik tentunya diberikan oleh mereka yang salut dan kagum akan usaha yang dilakukan oleh para penari tersebut untuk berupaya memberikan suatu penghiburan bagi masyarakat. Dibalik kekurangan yang mereka miliki, mereka bisa menunjukkan bahwa seberapapun usaha yang dilakukan akan mampu menutupi kekurangan yang ada.

 






About Us

Dijual tanah di Bali khususnya tanah di Bali dengan lokasi yang terbaik dan paling menguntungkan untuk investasi, lokasi villa, dan lain lain. Kami tidak akan menaikkan harga properti, kami hanya akan mendapatkan komisi reguler dari pemilik.
Kami juga menerima pemasangan iklan atau bila pemilik tanah dan agent property yang bermaksud memasarkan tanahnya melalui website ini.