Konsumen Perlu Lebih Teliti Beli Rumah


Hindari Kerugian, Konsumen Perlu Teliti Beli Rumah

Hindari Kerugian, Konsumen Perlu Teliti Beli Rumah

Seiring tingginya minat masyarakat untuk memiliki rumah, frekuensi pengembang untuk membangun perumahan pun kian meningkat.

Namun kadang kala dalam pembelian properti tersebut, masyarakat selaku konsumen kerap dirugikan. Demikian dikatakan Ketua Yayasan Konsumen Bali, Ketut Udi Prayudi, S.E. S.H., di Denpasar, Rabu (10/11) kemarin.

Di kota-kota besar, kata Udi, transaksi pembelian rumah sering kali menjadi sengketa antara penjualan (pengembang) dengan masyarakat selaku konsumen.

Salah satu penyebabnya adalah, klausa baku ( standardized clause ) dalam perjanjian jual beli rumah tersebut, dipersiapkan secara sepihak oleh pengembang. Sementara masyarakat selaku konsumen mesti mematuhi perjanjian tersebut dan kadang kala merugikan konsumen.

''Klausal baku merupakan perjanjian tertulis berupa formulir yang diisi, bentuk dan cara penyelesaiannya dibakukan secara sepihak oleh pelaku usaha. Lazimnya, konsumen hanya diberikan pilihan take it or leave it .

Pada dasarnya, perjanjian baku tidak dilarang bagi pelaku usaha (pengembang) yang ingin menerapkan perjanjian dengan konsumen, kecuali yang merugikan pihak lain atau konsumen,'' terangnya.

Lantas, upaya apa yang mesti dilakukan agar konsumen tidak dirugikan oleh pengembang? Sebelum mendatangi pengembang perumahan, kata Udi, ada baiknya masyarakat selaku konsumen mempelajari secara seksama tiap butir perjanjian.

Di samping menanyakan kepada teman atau kerabat yang berpengalaman mengenai Surat Perjanjian Pengikatan Jual Beli (SPPJB). ''Pelajari juga kewajiban dan hak konsumen dan tanggung jawab pelaku usaha atau pengembang dalam SPPJB tersebut,'' ujarnya.

Pastikan pula jika akta jual beli (AJB) ditandatangani, bila bangunan rumah betul-betul sudah selesai. Jangan menandatangi AJB bila bangunan rumah belum selesai. Jika menggunakan KPR, pastikan menandatangani akad KPR, ketika bangunan rumah sudah selesai. ''Pelajari pula perjanjian klausula baku dengan perbaikan dalam pengikatan KPR,'' tandasnya

Sumber : bisnisbali.com

 






Jual Rumah & Villa di Bali, Villas & House for Sale

For sale villas and houses in Bali. Some new modern minimalist villas with magnificent rice field view are ready for sale in some areas like Canggu, or stunning ocean view in Jimbaran, Pecatu, etc.
Sedang dibangun rumah / perumahan style villa minimalist, lokasi strategis di Renon Denpasar Bali
Dijual Villa di Bali, Seminyak, Ubud, Canggu, Dreamland, Pererenan, and many more..

Hot Bali Land for Sale

/ / / x 0
Total : 0


Artikel Terkait


Artikel Terbaru


Belanja + Kuliner + Pariwisata + Property + Seni dan Budaya + Spa + Sport and Adventure + Tujuan Wisata +

 

About Us

Dijual tanah di Bali khususnya tanah di Bali dengan lokasi yang terbaik dan paling menguntungkan untuk investasi, lokasi villa, dan lain lain. Kami tidak akan menaikkan harga properti, kami hanya akan mendapatkan komisi reguler dari pemilik.
Kami juga menerima pemasangan iklan atau bila pemilik tanah dan agent property yang bermaksud memasarkan tanahnya melalui website ini.