Tiket Pesawat Nyaris Habis


Tiket Pesawat Nyaris Habis

Tiket Pesawat Nyaris Habis

Menjelang Natal dan Tahun Baru, sudah 80-100 persen tiket pesawat dipesan. Kota-kota yang banyak dikunjungi antara lain Medan, Denpasar, dan Yogyakarta.

Staf Administrasi Duta Kana Wisata Tour and Travel, Budiman, mengatakan, hingga Selasa (21/12/2010), tiket yang terjual habis adalah tiket pesawat tujuan Medan untuk tanggal 21-24 Desember.

Untuk tujuan Denpasar dan Yogyakarta, pemesanan tiket mencapai 80 persen untuk pemberangkatan tanggal 23 Desember hingga 5 Januari. 'Sisa kursi yang tersedia saat ini sebagian besar adalah kursi untuk kelas bisnis,' ujar Budiman.

Harga tiket, baik kelas ekonomi maupun bisnis, mengalami lonjakan drastis dibandingkan dengan harga normal. Ini disebabkan maskapai tidak lagi memberlakukan harga promo. Harga kelas bisnis tujuan Denpasar mencapai Rp 2,1 juta dan kelas ekonomi Rp 900.000-Rp 1 juta.

Adapun untuk rute Jakarta-Medan, harga tiket kelas ekonomi bahkan terjual pada harga tertinggi Rp 1,7 juta. Harga ini jauh di atas harga non-liburan Rp 400.000-Rp 500.000. Tiket pesawat untuk tujuan Yogyakarta terjual seharga Rp 800.000-Rp 900.000, di atas harga non-liburan yang biasanya hanya Rp 300.000 hingga Rp 400.000.

I Gede Galih Biantoro, travel counsellor dari Smailing Tour, mengatakan, tingginya permintaan tiket pesawat bahkan berlangsung dalam periode yang lebih panjang, 19 Desember 2010 hingga 5 Januari 2011.

'Penerbangan domestik ke Medan (Sumatera Utara) mendominasi permintaan penumpang menjelang Natal. Di urutan berikutnya, jurusan ke Manado (Sulawesi Utara) juga penuh,' kata Ika, petugas tiket Rota Tour & Travel.

Harga tiket akhir tahun ini melambung hingga Rp 3 juta untuk rute Jakarta-Medan dengan maskapai Garuda Indonesia. Penerbangan lainnya seperti Lion Air tercatat Rp 1,8 juta dengan rute yang sama. Ika menambahkan, kursi penuh mulai dari tanggal 20 Desember 2010 hingga 3 Januari 2011 untuk rute Jakarta-Medan dan ke Denpasar, Bali.

Baik Ika maupun Eka dari bagian tiket Melawai Travel menyatakan, kedua tujuan itu menjadi favorit penumpang dari Jakarta ketika Natal dan Tahun Baru tiba. Bahkan, sebagian besar penumpang memesan jauh-jauh hari sebelumnya karena takut kehabisan tiket. 'Penjualan kursi dan harga tiket biasanya normal kembali 10 hari setelah Tahun Baru,' ujar Ika.

Kursi tambahan

Untuk mengantisipasi liburan, ada 41.000 kursi tambahan dari Garuda Indonesia dan Indonesia AirAsia. Garuda Indonesia telah menyatakan penambahan lebih dari 14.312 kursi mulai dari 23 Desember 2010 hingga 3 Januari 2011. Tambahan kursi terutama pada rute Jakarta-Denpasar dan Jakarta-Singapura.

Sementara Indonesia AirAsia menambah 27.000 kursi saat liburan Natal, mulai 17 Desember 2010 sampai 8 Januari 2011. Tambahan kursi itu untuk rute Jakarta-Singapura, Jakarta-Denpasar, dan Denpasar-Perth.

'Tambahan kursi untuk tujuan Denpasar yang paling banyak sebab permintaannya sangat tinggi,' kata Corporate Communication Manager Indonesia AirAsia Audrey Progastama, Selasa di Jakarta.

Audrey menambahkan, untuk kursi tambahan, hingga kemarin malam sudah terjual 65 persen.

Sementara itu, maskapai Sriwijaya Air dan Batavia Air telah menyatakan tidak akan ada tambahan kursi.

Sumber : travel.kompas.com

 






About Us

Dijual tanah di Bali khususnya tanah di Bali dengan lokasi yang terbaik dan paling menguntungkan untuk investasi, lokasi villa, dan lain lain. Kami tidak akan menaikkan harga properti, kami hanya akan mendapatkan komisi reguler dari pemilik.
Kami juga menerima pemasangan iklan atau bila pemilik tanah dan agent property yang bermaksud memasarkan tanahnya melalui website ini.